5 Minuman Terbaik untuk Menurunkan Gula Darah

5 Minuman Terbaik untuk Menurunkan Gula Darah


Penderita diabetes sangat dianjurkan untuk selalu mengendalikan kadar gula darah. Salah satu cara untuk mengendalikan kadar gula darah yaitu dengan membatasi asupan kalori. Namun ada beberapa penderita diabetes yang tidak bisa mengendalikan kadar gula darah padahal sudah membatasi makanan manis dan berkarbohidrat. Apa penyebabnya?


Coba lihat lagi asupan minumannya. Jangan-jangan minuman berkalori tinggi masih terselip di antara diet sehari-hari! Bagi penderita diabetes, minuman bersoda atau minuman manis seharusnya dibatasi bahkan lebih baik dihindari.

Namun bukan berarti penderita diabetes sama sekali tak boleh konsumsi minuman enak yah! Berikut beberapa minuman yang tidak hanya enak, tapi juga bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apa saja?

  • Susu rendah lemak
Susu rendah lemak dianggap sebagai minuman sehat dan bermanfaat untuk penderita diabetes. Bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa produk susu rendah lemak bukan hanya bisa menurunkan resiko komplikasi diabetes, tapi juga bisa mengurangi tekanan darah.

Tak kalah penting, nutrisi dan kalsium pada susu rendah lemak juga bisa memudahkan proses penurunan berat badan pada pengidap diabetes tipe 2.

  • Jus pare
Meski rasanya pahit, jus pare ternyata sangat sehat untuk penderita diabetes. Pare dapat menurunkan kadar lemak lipid pada tubuh. Tak kalah penting, pare juga efektif mengurangi kadar gula dalam urin dan darah penderita diabetes.

Untuk menetralisir rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan bayam, wortel, seledri, air perasan lemon, apel hijau dan mentimun secukupnya. Olah semua buah dan sayuran yang sudah disebutkan tadi menjadi secangkir jus pare yang lezat.

  • Jus mentimun
Mentimun diperkaya akan kalsium, besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1, asam amino, vitamin C dan vitamin B2. Konsumsi jus mentimun bisa mengurangi kadar gula darah. Mentimun juga punya kemampuan untuk mengurangi pembengkakan, meredakan peradangan, menghilangkan panas dan mengatasi radang sendi.

  • Teh chamomile
Antioksidan yang berlimpah dan mengandung nol kalori, menjadikan teh chamomile salah satu minuman terbaik untuk penderita diabetes. Keunggulan lain dari teh chamomile yaitu indeks glikemiknya rendah sehingga ramah sekali untuk penderita diabetes.

Minum teh chamomile secara teratur bisa mengurangi kadar gula darah, cegah kerusakan saraf, memperlancar peredaran darah dan mencegah penyakit ginjal hingga kebutaan.

  • Air kelapa
Minuman ini tak hanya segar untuk dinikmati di tepi pantai saja, tapi juga sangat direkomendasikan untuk mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini berkat kandungan vitamin, mineral dan asam amino yang berlimpah dalam air kelapa.

Komentar