Catat, Asupan Ini Penting Pasca Lahiran

Catat, Asupan Ini Penting Pasca Lahiran


Menjaga asupan nutrisi tak hanya penting dilakukan ketika hamil saja. Tapi juga penting dilakukan setelah melahirkan. Bunda harus mengonsumsi makanan dan minuman yang diperkaya gizi agar proses pemulihan berlangsung cepat.



Kehidupan Bunda tentu akan lebih melelahkan setelah melahirkan. Selain harus mengurus bayi, rasa lelah juga bisa terjadi karena baby blues atau kekurangan zat besi. Maka dari itu, Bunda sangat membutuhkan asupan bernutrisi yang membuat tubuh tetap fit dan bertenaga.

Nah, berikut beberapa asupan yang bisa membuat Bunda menjadi lebih fit dan bertenaga usai melahirkan.

  • Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
Bagi tubuh, karbohidrat adalah sumber tenaga yang paling utama. Tapi sebagai saran, konsumsilah karbohidrat kompleks seperti roti gandum, nasi merah, sereal dari biji-bijian utuh, buah, sayuran dan kacang-kacangan.

  • Makanan yang Mengandung Protein
Makanan berprotein dapat membuat Bunda bertenaga serta kenyang lebih lama. Di samping itu, protein juga diperlukan untuk proses pemulihan dan daya tahan tubuh. Bunda bisa konsumsi makanan berprotein seperti telur, daging tanpa lemak, makanan laut, susu, keju dan yoghurt.

  • Makanan yang Diperkaya Zat Besi
Tubuh sangat memerlukan zat besi untuk menghasilkan hemoglobin yakni molekul pada sel darah merah yang mengikat serta membawa oksigen ke seluruh tubuh. Bila tubuh kekurangan zat besi, produksi hemoglobin dapat berkurang sehingga Bunda rentan mengalami anemia.

Karena itulah, mengonsumsi makanan yang diperkaya zat besi ini sangat penting. Contoh makanan yang kaya akan zat besi di antaranya daging merah, unggas, ikan, hati ayam dan hati sapi.

  • Air Putih
Bila kurang minum air putih, tubuh bisa jadi lemas. Karena itulah, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap hari atau sekitar 8 gelas. Jika perlu, bawa botol air minum kemana pun, supaya tidak lupa minum.

Batasi mengonsumsi minuman yang mengandung kafein. Meski dapat menambah energi seketika, tapi ketika efeknya hilang, Bunda justru bisa merasa lebih lelah. Terlebih lagi, kafein bisa mempengaruhi ASI yang bisa membuat bayi menjadi lebih rewel dan susah tidur.

Sesibuk apapun mengurus bayi, Bunda tetap perlu memperhatikan asupan nutrisi supaya tubuh Bunda tetap sehat. Bunda bisa mengawali hari dengan mengonsumsi makanan berprotein dan berkarbohidrat kompleks saat sarapan seperti telur rebus, roti gandum dan susu.

Bila Bunda sering lemas, mudah jatuh sakit atau mengalami keluhan kesehatan tertentu usai melahirkan, harap segera menemui dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Komentar