Buah yang Bagus Dikonsumsi oleh Ibu Menyusui

Buah yang Bagus Dikonsumsi oleh Ibu Menyusui


Selama menyusui, asupan nutrisi sangat penting diperhatikan termasuk buah-buahan. Ketika menyusui, Bunda pasti ingin tetap sehat dan produksi ASI nya ingin lancar. Nah, cari tahu yuk apa saja buah yang bagus untuk ibu menyusui.



Wanita yang sedang menyusui disarankan untuk menerapkan pola makan sehat dan seimbang termasuk mengonsumsi buah-buahan. Buah-buahan dapat menjadi sumber energi, serat, vitamin dan mineral yang bagus untuk ibu menyusui dan produksi ASI.

Langsung saja, ini dia buah-buahan yang harus Anda ketahui yang sangat bermanfaat untuk ibu menyusui.

  • Blueberry
Ibu menyusui sangat disarankan untuk makan dua sajian buah bahkan lebih setiap harinya. Blueberry dapat menjadi salah satu pilihannya. Karena rasanya sangat enak dan diperkaya berbagai nutrisi seperti antioksidan, vitamin C dan serat. Blueberry juga mengandung karbohidrat yang bisa menjaga stamina.

Buah berwarna kebiruan ini juga diyakini bisa menurunkan resiko terjadinya depresi setelah melahirkan. Bila Anda sehat dan produksi ASI lancar, maka si Kecil juga pasti akan lebih sehat.

Baca juga: Cara Memutihkan Kulit Wajah dalam Hitungan Menit

  • Pepaya
Pepaya hijau atau pepaya yang belum matang memang tidak disarankan untuk ibu menyusui karena mengandung kandungan yang bisa memicu kontraksi. Tapi, beberapa riset mengatakan bahwa pepaya hijau dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin dan hormon oksitosin pada ibu menyusui. Sehingga bisa meningkatkan produksi ASI.

Meski demikian, efek mengonsumsi pepaya hijau dalam meningkatkan produksi ASI ini masih harus diteliti lebih lanjut. Maka dari itu, Anda lebih disarankan mengonsumsi pepaya matang yang memang sudah terbukti mengandung zat besi dan vitamin A.

  • Jeruk
Anda mungkin khawatir untuk mengonsumsi jeruk atau buah sitrus lainnya karena mempunyai rasa yang asam yang katanya bisa berbahaya untuk bayi. Tapi, pendapat yang satu ini masih belum terbukti kebenarannya.

Mengonsumsi jeruk justru dapat menjadi cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Bukan hanya itu saja, buah berwarna oranye ini juga bisa memberikan energi tambahan untuk ibu menyusui.

  • Kurma
Penelitian mengungkap bahwa kurma bisa meningkatkan produksi ASI. Pasalnya, kurma bisa meningkatkan hormon prolaktin, yakni hormon pemicu produksi ASI. Selain itu, kurma juga mempunyai rasa manis dan mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin B6 dan zat besi yang bagus untuk ibu menyusui.

  • Alpukat
Alpukat mempunyai banyak manfaat untuk ibu menyusui dan bayi. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk ibu menyusui. Di samping itu, buah berdaging kehijauan ini juga mengandung folat, vitamin B, vitamin C dan asam oleat.

Selain buah-buahan di atas, ternyata apel dan pisang juga bagus dan aman dikonsumsi oleh ibu menyusui. Meski demikian, Anda harus tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi lainnya. Jika ragu atau mempunyai masalah kesehatan tertentu, Anda dapat berkonsultasi ke dokter guna mengetahui buah atau makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi.

Komentar