Cara Mengatasi Biang Keringat pada Anak

Cara Mengatasi Biang Keringat pada Anak


Biang keringat adalah kondisi yang sering terjadi pada anak-anak. Meski terlihat sepele, biang keringat dapat mengganggu kenyamanan si Kecil. Jadi, mencari tahu cara untuk mengatasinya adalah hal yang sangat penting.



Biang keringat muncul akibat adanya penyumbatan di saluran keringat. Sehingga, membentuk benjolan-benjolan kecil kemerahan yang terasa gatal dan tidak nyaman di kulit. Biasanya, biang keringat pada anak muncul di leher, dada dan punggung.

Biang keringat pada anak dapat dipicu oleh beberapa hal. Di antaranya cuaca panas, aktivitas yang berlebihan dan pakaian yang tidak menyerap keringat. Pemakaian obat berbentuk salep juga dapat memicu terjadinya biang keringat pada anak karena salep bisa menutup saluran keringat.

Biasanya, biang keringat akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 3 sampai 4 hari. Tapi, Anda bisa bantu si Kecil untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat biang keringat dengan melakukan beberapa cara berikut ini.


  • Bila biang keringat tersebar di area yang luas, Anda dapat memandikan si Kecil dengan air dingin tanpa memakai sabun selama kurang lebih 10 menit, tiga kali sehari. Jika badan si Kecil kotor, maka mandikan dengan sabun yang memiliki bahan lembut dan tanpa parfum.
  • Bila biang keringat hanya tersebar di area yang kecil, maka Anda dapat mengompresnya dengan waslap basah yang telah dicelupkan ke dalam air dingin.
  • Hindari mengoleskan salep di area yang mengalami biang keringat. Pasalnya, bisa menyumbat saluran keringat.
  • Jika memungkinkan, Anda dapat menyalakan AC atau kipas angin di dalam kamar tidur atau di ruang bermain si Kecil.
  • Pakailah handuk katun sebagai alas tempat tidur guna menyerap keringat anak ketika sedang tidur.
Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan krim hydrocortisone 1% untuk meredakan rasa gatal akibat biang keringat. Tapi sebelumnya, jangan lupa selalu berkonsultasi ke dokter anak terlebih dulu ya, Bun.

Komentar