Cara Mengatasi Lutut Bengkak

Cara Mengatasi Lutut Bengkak


Lutut bengkak bisa terjadi saat ada peningkatan cairan di sekitar sendi lutut. Peningkatan cairan ini bisa diakibatkan oleh berbagai faktor termasuk cedera yang tidak segera diobati atau benturan keras di lutut.



Siapa saja bisa mengalami lutut bengkak, tapi yang paling beresiko adalah orang-orang berusia lanjut. Bukan hanya itu, orang-orang yang mempunyai berat badan berlebih atau obesitas juga beresiko mengalami lutut bengkak.

Berikut ada beberapa perawatan yang bisa dilakukan di rumah untuk menghilangkan pembengkakan serta rasa nyeri di lutut, antara lain:

  • Istirahatkan Lutut
Saat lutut membengkak, hentikan terlebih dahu aktivitas dan istirahatkan lutut Anda. Cara yang satu ini bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan di leher. 

  • Kompres Menggunakan Es
Kompres lutut yang membengkak dengan es untuk mengurangi dan mencegah pembengkakan agar tidak bertambah parah. Lakukan pengompresan selama kurang lebih 10 hingga 20 menit. Setidaknya lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari.

  • Beri Bantalan Pada Lutut
Ketika berbaring, posisikan lutut yang bengkak tersebut lebih tinggi dari dada. Letakan bantal di bawah lutut.

  • Konsumsi Obat-obatan
Jenis obat anti-nyeri seperti obat antiinflamasi nonsteroid dan paracetamol bisa menjadi pilihan untuk mengatasi lutut yang bengkak. Konsumsi obat sesuai dengan dosis yang tertera di dalam kemasan atau sesuai arahan dari dokter.

Penyebab lutut menjadi bengkak cukup bervariasi, bisa karena cedera atau karena penyakit tertentu. Anda dapat mengurangi keluhannya dengan menerapkan beberapa cara di atas. Tapi bila lutut makin bengkak, makin nyeri dan susah digerakan, ada baiknya berkonsultasi terlebih dulu ke dokter untuk mendapat pemeriksaan serta penanganan yang tepat.

Komentar