Cara Meredakan Nyeri Haid

Cara Meredakan Nyeri Haid


Nyeri saat haid adalah kondisi yang sering dialami oleh para wanita. Keluhan yang satu ini seringkali membuat para wanita tidak bisa beraktivitas dengan nyaman. Nah, agar nyeri haid tidak mengganggu, coba lakukan beberapa cara mudah berikut ini.



Secara umum, nyeri haid terjadi saat dinding otot rahim bergerak dan menekan pembuluh darah yang ada didekatnya. Hal ini bisa membuat pasokan oksigen ke rahim jadi terhenti. Tanpa oksigen, tubuh bisa mengeluarkan zat kimia pemicu rasa nyeri dan menghasilkan prostaglandin.

Prostaglandin inilah yang membuat otot-otot rahim terus berkontraksi, sehingga rasa sakit terus meningkat. Sakit perut ketika haid ternyata bisa diredakan dengan melakukan beberapa cara mudah, seperti..

  • Memanfaatkan air hangat
Memberi kompres hangat di bagian perut yang sakit bisa melemaskan otot yang kram, meningkatkan aliran darah dan mencegah rasa begah saat haid. Selain dikompres, Anda juga bisa minum air hangat untuk mengurangi rasa sakit saat haid.

  • Konsumsi makanan bergizi
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan atau suplemen yang diperkaya oleh kandungan magnesium, vitamin B1, vitamin B6, vitamin E dan asam lemak omega-3 dipercaya bisa mengurangi kram saat haid secara efektif.

Selain makan makanan bergizi, Anda pun disarankan untuk menghindari rokok dan minuman yang mengandung alkohol karena bisa membuat nyeri haid semakin parah.

  • Pijat
Memberi pijatan di perut dan punggung bagian bawah dengan melakukan gerakan memutar secara perlahan bisa mengurangi rasa sakit saat haid. Selain itu, bisa juga berbaring terlentang dengan menaikkan kaki ke atas atau berbaring miring sambil menekuk lutut.

Baca juga: Cara Mencerahkan Kulit Wajah dalam Sekejap

  • Olahraga

Nyeri haid dapat membuat Anda tidak ingin beranjak dari tempat tidur. Tapi ternyata, bergerak dan olahraga justru dapat menghilangkan rasa sakit. Saat olahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang berfungsi menghilangkan rasa sakit. Olahraga yang sangat disarankan untuk dilakukan adalah jogging, jalan kaki, yoga, bersepeda atau berenang.

  • Teh herbal
Penelitian menunjukan bahwa mengonsumsi teh herbal seperti teh jahe dan teh chamomile bisa menjadi obat pereda nyeri haid karena bisa melemaskan otot-otot yang tegang dan menghilangkan rasa sakit selama haid.

  • Aromaterapi
Berdasarkan penelitian, menggosokan minyak aromaterapi lavender, mawar, kayu manis dan cengkeh ke area yang sakit bisa meredakan kram menstruasi secara efektif.

Selain itu, meredakan sakit perut saat haid juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi obat pereda nyeri haid seperti ibuprofen, paracetamol dan asam mefenamat. Pastinya, harus mendapatkan petunjuk dari dokter untuk menggunakannya.

Cara alami meredakan nyeri haid di atas bisa dicoba. Jangan sungkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter jika kram dan nyeri haid terasa sangat parah. Pasalnya, nyeri haid juga bisa disebabkan karena kondisi medis tertentu seperti endometriosis, fibroid, radang panggul atau adenomiosis.

Komentar