Deretan Makanan yang Menyehatkan Rambut

Deretan Makanan yang Menyehatkan Rambut


Siapa bilang punya rambut sehat harus keluar biaya yang besar? Hanya dengan konsumsi beberapa jenis makanan ini, kesehatan rambut bisa terjaga dan berbagai macam masalah pada rambut bisa diatasi.

Sama seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga memerlukan nutrisi supaya tetap sehat. Beberapa nutrisi yang diperlukan oleh rambut di antaranya vitamin B6, B12, protein dan asam folat. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi tersebut bisa membuat rambut tetap sehat.



Meski terlihat sederhana, mengonsumsi makanan bergizi sangat penting dilakukan untuk mendapat rambut yang sehat. Kondisi rambut yang sehat juga bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda dalam kondisi yang sehat.

Anda bisa mencukupi nutrisi yang dibutuhkan untuk mendapat rambut sehat dengan cara mengonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini.

  • Jambu biji atau guava
Rutin makan jambu biji dapat membantu Anda terhindar dari kerusakan rambut! Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C pada jambu biji memiliki sifat antioksidan yang bisa melindungi rambut dari berbagai radikal bebas penyebab rambut rusak.

  • Alpukat
Buah yang sangat lezat dikonsumsi, baik secara langsung ataupun dijadikan jus ini ternyata sangat bermanfaat untuk rambut. Vitamin E yang ada di dalam alpukat bisa menjaga rambut agar tetap kuat. Sehingga, bisa terhindar dari kerusakan dan kerontokan.


  • Pisang
Rambut tebal dan berkilau adalah tanda bahwa rambut Anda sehat. Nah, dengan mengonsumsi pisang, ternyata rambut akan terlihat lebih tebal, berkilau dan tidak akan rontok. Pasalnya, pisang diperkaya kandungan vitamin B6.

  • Bayam
Bayam mempunyai manfaat untuk menjaga kulit kepala dan rambut agar tetap sehat. Di samping itu, bayam juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, folat dan beta karoten yang bermanfaat mencegah kerapuhan rambut.

  • Ubi
Ubi diperkaya kandungan beta-karoten yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Vitamin yang satu ini bisa mendorong produksi sebum yang nantinya bisa menjaga kelembapan rambut. Vitamin A juga bisa membuat rambut lebih tebal dan cepat tumbuh serta mencegah kerontokan.

  • Kayu manis
Anda bisa mengonsumsi kayu manis yang dipercaya bisa melancarkan peredaran darah, termasuk di area kepala. Jika aliran di area kepala lancar, maka oksigen dan nutrisi pun bisa tersebar ke setiap helai rambut. Dengan demikian, rambut Anda akan sehat.

  • Daging ayam
Tubuh yang kekurangan asupan protein bisa meningkatkan resiko rambut menjadi rapuh dan patah, Untuk mencegah hal ini, maka Anda bisa mengonsumsi daging ayam yang diperkaya kandungan protein. Makanan lainnya yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber protein yaitu telur ayam.

Mulai sekarang, coba masukkan berbagai makanan di atas ke dalam menu harian Anda agar bisa mendapatkan rambut yang sehat. Bila ingin mengetahui pilihan makanan lainnya yang harus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rambut, Anda bisa konsultasikan ke dokter gizi. Sekian, semoga bermanfaat ya ^^

Di posting oleh : Ha Lo Sehat

Komentar