Makanan yang Baik untuk Penderita Maag Kronis

Makanan yang Baik untuk Penderita Maag Kronis


Maag merupakan istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan ketidaknyamanan di perut bagian atas atau ulu hati. Salah satu penyebab maag adalah peradangan pada lambung atau gastritis. Jika tidak diatasi dengan benar, kondisi ini bisa berlanjut menjadi penyakit maag kronis.


Penyakit maag kronis seringkali membuat perut menjadi kembung, mual, muntah bahkan bisa menurunkan berat badan. Karena itu, sangat penting untuk mengatasi maag kronis. Salah satu kunci untuk mengatasinya adalah mengubah gaya hidup, khususnya pola makan.

Jika Anda mengalami maag kronis dan makin memburuk setelah konsumsi makanan tertentu, ada baiknya hentikan konsumsi makanan tersebut agar kondisi tidak bertambah parah. Berikut ini, ada beberapa jenis makanan yang berpotensi membantu mengatasi maag kronis Anda, di antaranya:

  • Teh chamomile
Dalam dunia pengobatan tradisional, chamomile sudah lama dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam gangguan pencernaan. Menurut sebuah penelitian, teh yang terbuat dari bunga Chamomile kemungkinan efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan, termasuk penyakit maag.

  • Peppermint
Peppermint dipercaya bisa mengatasi gangguan pencernaan seperti penyakit maag, mual dan sakit perut dengan cara merelaksasi otot-otot perut serta meningkatkan aliran empedu. Mungkin peppermint dalam bentuk minyak juga bisa mengurangi ketegangan pada perut dan juga perasaan penuh pada perut.

  • Makanan yang mengandung serat
Makanan yang diperkaya kandungan serat seperti brokoli, gandum, kacang-kacangan, apel dan wortel bisa membantu mengatasi gejala maag kronis. Untuk mengoptimalkan efeknya, Anda juga dapat mengonsumsi makanan rendah lemak seperti daging ayam dan ikan.
  • Kunyit
Anda juga bisa mengonsumsi kunyit ketika gejala maag kambuh. Beberapa riset menunjukkan, jika mengonsumsi kunyit sebanyak 4 kali setiap hari selama 1 minggu, bisa membantu mengatasi gejala sakit maag.

Meskipun makanan-makanan di atas kemungkinan bermanfaat membantu penderita penyakit maag kronis, tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter supaya mendapat perawatan medis yang tepat.

Mau diskusi obat maag yang tepat bersama saya?



Komentar