Manfaat Konsumsi Makanan Jepang

Manfaat Konsumsi Makanan Jepang


Makanan Jepang seperti sashimi, sushi, sup miso dan teriyaki sudah cukup populer di berbagai negara. Bukan karena rasanya yang lezat, tapi juga karena berbagai manfaatnya yang bagus untuk kesehatan.

Banyak penduduk Jepang yang punya umur panjang bahkan bisa lebih dari 100 tahun. Ternyata, hal tersebut berkaitan dengan apa yang mereka makan sehari-hari. Makanan Jepang biasanya sup, kacang-kacangan, sayuran dan hidangan laut.



Berbagai makanan tersebut kaya akan kandungan nutrisi yang sangat penting seperti vitamin, mineral dan protein yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu, cara pengolahan makanan Jepang juga ikut menjadi alasan mengapa kuliner negeri sakura ini sangat lezat dan sehat.

Manfaat Konsumsi Makanan Jepang


Berikut ini merupakan berbagai manfaat makanan Jepang yang menarik untuk diketahui :

  • Mencegah Obesitas
Asupan kalori rata-rata orang Jepang lebih rendah sehingga mereka terhindar dari obesitas. Hal ini karena cara pengolahan makanan mereka yang dikukus, direbus atau bahkan dikonsumsi secara mentah.

  • Menurunkan Berat Badan
Bila berat badan ingin turun, konsumsi makanan Jepang dan ikuti cara penyajiannya mungkin bisa membantu. Pasalnya, makanan Jepang disajikan di dalam mangkuk atau piring berukuran kecil. Hal ini bisa mempengaruhi porsi makan seseorang.

Menurut penelitian, makan pakai mangkuk atau piring yang lebih besar bisa membuat seseorang makan lebih banyak. Begitu juga sebaliknya.

  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral
Masakan Jepang banyak yang pakai olahan kacang kedelai, mulai dari saus hingga tahu. Kacang kedelai diketahui kaya akan isoflavon, sebuah zat yang mirip hormon estrogen yang dipercaya bisa mencegah osteoporosis dan kanker. Selain itu, umumnya makanan Jepang didominasi oleh sayuran, ikan dan daging.

Sayur dan buah berwarna warni mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang bisa menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung hingga kanker.

Sedangkan ikan seperti tuna, tongkol, sarden, salmon dan ikan pisang-pisang ( hamachi ) adalah sumber asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 bagus untuk memelihara kesehatan otak, jantung, sistem saraf dan pembuluh darah.

  • Menjaga Kesehatan Jantung
Seperti yang sudah disebutkan di atas, orang Jepang sering makan kacang kedelai dan olahannya seperti susu kacang atau tahu. Menurut sebuah penelitian, kedelai bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan bisa mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Karena selain kaya akan protein, kedelai juga diperkaya serat.

Tak hanya kedelai saja, teh hijau yang sering dikonsumsi oleh orang Jepang juga bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Teh hijau sudah terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL). Bahkan salah satu penelitiannya menunjukan bahwa rajin konsumsi teh hijau bisa mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan pembuluh darah hingga 31 persen.

  • Menjaga Kesehatan Saluran Cerna
Kacang merah atau kacang azuki merupakan salah satu asupan yang paling sering dikonsumsi di Jepang. Kacang merah banyak dipilih sebagai makanan penutup. Dibalik rasa manisnya, kacang azuki ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan.

Mulai dari membantu pencernaan, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan diabetes hingga membantu menjaga berat badan.

Nah itulah deretan manfaat konsumsi makanan Jepang, pastinya membuat Anda makin tergiur untuk menyantapnya, kan?

Komentar