Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening

Ciri-ciri Kanker Kelenjar Getah Bening


Kanker kelenjar getah bening merupakan jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik. Sama seperti jenis kanker lainnya, bila terkena kanker kelenjar getah bening kemungkinan sembuhnya sangat sedikit.



Biasanya, hal ini tergantung pada stadium kanker yang diderita. Maka dari itu, penting sekali mengetahui gejala-gejala atau ciri-ciri dari kanker kelenjar getah bening. Sehingga Anda bisa menghindari kondisi terburuknya.

Berikut ciri-ciri kanker kelenjar getah bening yang jarang disadari. Bila menemukannya, harap segera menemui dokter untuk memastikan dan mendapat penanganan yang tepat.

  • Berat Badan Menurun Secara Drastis
Limfoma yang terindikasi terserang kanker ternyata bisa memicu penurunan berat badan secara drastis tanpa sebab. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat tubuh membakar energi secara berlebihan untuk mencoba melawan sel kanker yang ada di tubuh. Alhasil, berat badan bisa berkurang 5-10% setiap bulannya.

  • Deman yang Disertai Menggigil dan Berkeringat
Salah satu gejala yang sering ditemui adalah demam. Pasalnya, demam adalah tanda bahwa imunitas seseorang sedang lemah. Sehingga, infeksi mudah menyerang. Pada gejala kanker kelenjar getah bening, biasanya demam disertai dengan tubuh yang menggigil dan keluar keringat yang banyak di malam hari.

  • Cepat Lelah
Pengidap kanker kelenjar getah bening juga sangat mudah lelah. Lelah adalah tanda tubuh sedang tidak dalam kondisi sehat. Jadi bila Anda lelah terus tanpa alasan yang jelas, ada baiknya periksakan diri ke dokter.

  • Muncul Ruam dan Gatal
Kanker kelenjar getah bening yang terlalu lama bersarang di dalam tubuh ternyata bisa membuat kulit menjadi gatal hingga memunculkan ruam. Gatal dan ruam tersebut akan memunculkan benjolan di kulit. Kondisi ini seringkali terjadi pada kanker jenis limfoma hodgkin.

  • Dada dan Punggung Bawah terasa Nyeri
Kelenjar getah bening adalah organ tubuh yang terletak di timus, yakni organ kecil yang terletak diantara paru paru dan tulang dada. Karena itulah adanya kanker kelenjar getah bening bisa mempengaruhi timus dan sebabkan nyeri dada.

Kanker kelenjar getah bening juga bisa menyerang limfa disekitar punggung bawah. Sehingga, memunculkan pembengkakan di saraf sumsum tulang belakang.

  • Nyeri Perut
Perut yang nyeri atau tidak nyaman bisa menjadi gejala kanker kelenjar getah bening. Nyeri perut ini biasanya terjadi secara konstan dan susah dihilangkan. Ketika kondisi ini menyerang, sebaiknya segera temui dokter.

  • Bengkak di Daerah Kelenjar Getah Bening
Ketika kanker mulai memasuki stadium awal, sel kanker yang terletak disekitar kelenjar getah bening akan memunculkan bengkak atau benjolan. Biasanya benjolan muncul di area leher, ketiak atau pangkal paha.

Belum ditemukan obat yang dinyatakan efektif mengatasi kanker kelenjar getah bening. Karena itu, ada baiknya mulai menjaga kesehatan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan kenali ciri atau gejala kanker kelenjar getah bening. Dengan begitu, Anda dapat menghindari sel kanker tumbuh lebih parah.

Komentar