Jakun Membengkak? Bisa Jadi Ciri Adanya Gangguan Tiroid

Jakun Membengkak? Bisa Jadi Ciri Adanya Gangguan Tiroid


Jakun sangat identik dengan pria, padahal sebenarnya wanita juga memilikinya namun dengan ukuran yang lebih kecil. Bila terjadi pembengkakan di sekitar jakun, Anda harus waspada karena bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh gangguan kelenjar tiroid yang letaknya berdekatan dengan jakun.

Fungsi kelenjar tiroid sendiri adalah menghasilkan hormon tiroid yang penting untuk mengatur tingkat metabolisme tubuh. Letak kelenjar tiroid berada tepat dibawah jakun yang berada di bagian depan leher.



Itulah sebabnya harus dicermati lebih lanjut bila terjadi pembengkakan di sekitar jakun. Umumnya, gangguan kelenjar tiroid bisa disertai gejala berupa rasa tak nyaman atau kesulitan saat menelan.


Jenis gangguan tiroid


Beberapa kondisi gangguan kelenjar tiroid yang bisa menyebabkan pembengkakan, di antaranya:

  • Goiter
Umumnya, masyarakat Indonesia sering menyebutnya sebagai penyakit gondok. Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan kekurangan iodine atau iodium. Iodium adalah nutrisi yang dimanfaatkan oleh kelenjar tiroid untuk menghasillkan hormon tiroid. Secara umum, zat nutrisi ini didapatkan dari hidangan laut, garam dan rumput laut.
  • Tiroiditis
Tiroiditis adalah peradangan pada kelenjar tiroid yang terjadi akibat adanya infeksi vitus atau penyakit autoimun. Gejalanya dapat berupa lemas, demam, nyeri dan bengkak pada leher. Tapi di beberapa kasus, tiroiditis bisa tidak memiliki gejala.

  • Nodul tiroid
Benjolan yang terjadi karena nodul tiroid bisa teraba padat atau lembek dan dipenuhi dengan cairan. Benjolan ini berada di dalam kelenjar tiroid dan di beberapa kasus dapat terlihat seperti jakun yang membengkak. Ukuran nodul tiroid bervariasi, ada yang kecil dan ada juga yang besar hingga terlihat jelas di leher serta menyebabkan kesulitan menelan dan bernapas.

  • Kanker tiroid
Gejala paling umum dari kanker tiroid adalah benjolan di leher, suara serak, susah menelan atau bernapas dan pembengkakan kelenjar getah bening. Meskipun begitu, terkadang gejala bisa tidak terlihat. Kanker tiroid termasuk jenis kanker yang jarang terjadi. Tindakan medis untuk kanker tiroid ini meliputi operasi, radiasi dan terapi hormon.

Pengecekan leher dan fungsi tiroid


Bila Anda mencurigai adanya pembengkakan disekitar jakun yang berkaitan dengan kelenjar tiroid, maka Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri di rumah sebelum konsultasi ke dokter.

Untuk memeriksa leher secara mandiri, Anda bisa memanfaatkan cermin dan segelas air lalu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama, temukan lokasi kelenjar tiroid. Yaitu di leher bagian depan, tepatnya dibawah jakun. Gunakan jari tangan Anda untuk meraba lokasi tersebut.
  • Letakan cermin di hadapan Anda. Lalu posisikan kepala sedikit ke atas.
  • Minumlah air yang telah disiapkan. Dengan posisi jari-jari tetap menyentuh kelenjar tiroidnya.
  • Perhatikan gerakan di leher Anda ketika menelan.
  • Lihat dan rasakan, apakah benjolan yang Anda raba adalah kelenjar tiroid atau bukan.
  • Jika kelenjar tiroid, benjolan tersebut akan ikut bergerak ketika menelan.
Cara mengetahui adanya gangguan pada tiroid dan menilai fungsi tiroid lebih lanjut, harus dilakukan pemeriksaan darah. Pemeriksaan yang satu ini bertujuan untuk mengetahui tingkat hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid dalam tubuh.

Waspadalah bila terlihat pembengkakan di sekitar jakun, di mana terdapat kelenjar tiroid yang punya fungsi vital bagi tubuh. Segera konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut, terutama bila benjolan atau pembengkakan di sekitar jakun diikuti dengan penurunan berat badan yang drastis, sulit menelan atau bernapas atau jika benjolan terlihat membesar.

Komentar