Manfaat Rose Water untuk Wajah

Manfaat Rose Water untuk Wajah


Ada begitu banyak manfaat rose water atau air mawar untuk wajah. Mulai dari meredakan iritasi, melembapkan kulit hingga mencegah penuaan dini. Air mawar merupakan air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar. Air ini seringkali digunakan untuk merawat kecantikan kulit, terutama kulit wajah.



Sejak ribuan tahun lalu, rose water atau air mawar sudah digunakan secara tradisional oleh masyarakat Iran sebagai bahan baku produk kecantikan, wewangian bahkan digunakan untuk bahan makanan dan minuman. Bukan hanya itu saja, air mawar juga dipercaya bisa memberi efek relaksasi karena memiliki aroma yang menyegarkan.

Manfaat Rose Water Bagi Kecantikan


Berdasarkan hasil sejumlah penelitian, air mawar atau rose water mengandung senyawa phenolic, yakni bahan aktif yang memiliki sifat antioksidan. Air mawar bahkan diketahui mempunyai efek antibakteri, antivirus dan antiseptik, serta bisa meredakan sakit, mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Beberapa kandungan tersebut membuat air mawar mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Bila dioleskan ke wajah, air mawar mempunyai beberapa manfaat sebagai berikut.


  • Mencegah Penuaan Dini
Suatu riset menunjukkan bahwa air mawar bisa menghambat penuaan dini dengan cara mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Hal ini dikarenakan air mawar mengandung antioksidan dan zat pelembap.

Di samping itu, efek antioksidan pada air mawar juga diyakini bisa melawan radikal bebas serta menghambat kerusakan kulit yang membuat kulit jadi lebih cepat tua dan keriput. Namun manfaat air mawar untuk mencegah penuaan dini ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  • Melembapkan Kulit Wajah
Salah satu manfaat air mawar untuk kulit wajah adalah melembapkan kulit. Kandungan pelembap alami dan antioksidan dalam air mawar bisa mencegah kulit kering.

Supaya kulit tidak kering dan kusam, air mawar dapat digunakan sebagai pembersih wajah alami atau toner. Anda juga dapat menyemprotkan air mawar ke bagian tubuh lainnya seperti kaki dan tangan.

  • Mengurangi Jerawat
Biasanya produk kecantikan kulit mempunyai pH tinggi (basa) yang bisa memunculkan masalah kulit seperti psoriasis, jerawat atau keriput. Nah, air mawar atau rose water mempunyai pH yang sedikit asam sehingga bisa mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Air mawar juga mengandung antibakteri dan antiseptik yang bisa mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pakailah air mawar sebagai toner di pagi dan malam hari. Caranya mudah, basahi kapas dengan air mawar kemudian usap ke seluruh bagian wajah Anda.

  • Menyembuhkan Peradangan pada Kulit
Kandungan polifenol dan flavonoid dalam ekstrak mawar bisa bertindak sebagai antioksidan dan antiradang. Kandungan air mawar ini diketahui mampu mengurangi peradangan di kulit sehingga dipercaya bisa meredakan gejala eksim dan rosacea.

Cara menggunakannya, oleskan kapas yang telah dibasahi dengan air mawar ke area kulit yang bermasalah.

  • Mengatasi Mata Lelah
Air mawar juga bisa mengatasi keluhan pada mata. Salah satunya mata lelah. Caranya, kompres mata dengan kapas yang sudah dibasahi dengan air mawar kemudian biarkan selama sekitar 20 menit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, air mawar harus digunakan secara rutin. 

Cara mendapatkan air mawar, bisa dibeli di toko kecantikan atau di toko online. Umumnya, air mawar aman dipakai untuk wajah. Tapi, bila Anda punya kulit yang sensitif atau alergi terhadap kandungan air mawar, ada baiknya hindari pemakaiannya atau konsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakan air mawar.

Pastikan, menggunakan air mawar sesuai arahan atau petunjuk yang ada di label kemasan. Bila muncul keluhan di kulit setelah memakai air mawar, hentikan pemakaian dan konsultasilah ke dokter.

Komentar