Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya

Tanda-tanda Keputihan yang Berbahaya


Keputihan adalah hal yang normal terjadi pada wanita. Terutama wanita yang memasuki usia subur. Keputihan yang merupakan cairan atau lendir ini berfungsi membawa keluar sel mati dan kuman dari dalam tubuh agar vagina tetap bersih dan tidak mengalami infeksi atau iritasi.



Meski sebetulnya hal yang normal, ternyata keputihan bisa menjadi tanda adanya suatu penyakit. Terutama bila keputihan disertai keluhan lain seperti vagina nyeri atau gatal. Kondisi ini bisa dipicu karena kurangnya menjaga kebersihan organ intim atau karena suatu penyakit misalnya penyakit menular seksual.

Nah selain vagina terasa nyeri dan gatal, adakah keluhan lain atau tanda-tanda lain dari keputihan yang tidak normal? Daripada penasaran, simak saja penjelasannya berikut ini.

KEPUTIHAN NORMAL DAN TIDAK NORMAL


Tanda-tanda keputihan yang normal, di antaranya :

  • Keputihan yang normal biasanya berwarna bening atau sedikit keruh (hampir mirip seperti air susu).
  • Encer atau agak kental.
  • Cairan atau lendir tidak berbau
  • Banyaknya sekitar setengah hingga satu sendok teh ( 2-5 ml ).
Perlu dicatat, kekentalan, warna dan jumlah keputihan yang keluar pada setiap wanita dapat berbeda-beda. Biasanya keputihan akan lebih kental di waktu waktu tertentu misalnya ketika ovulasi, selama menyusui, saat gairah seksual muncul, saat hamil, saat memakai alat kontrasepsi atau sekitar seminggu sebelum haid.

Sementara, tanda keputihan yang berbahaya alias tidak normal, di antaranya :

  • Jumlah keputihan sangat banyak.
  • Warna keputihan berbeda dari biasanya yaitu menjadi kekuningan, coklat, hijau atau keabu-abuan.
  • Cairan atau lendir keputihan berbau tidak sedap.
  • Diikuti gejala lain berupa gatal dan iritasi pada vagina.
Nah, itulah tanda-tanda keputihan yang berbahaya. Bila Anda menemukan adanya tanda-tanda keputihan yang berbahaya, harap segera temui dokter untuk memastikan dan mendapat penanganan yang tepat.

Komentar